Kuliner Cirebon-2

Lanjut lagi deh kuliner Cirebon~ 

Minggu pagi kalo di Bandung tuh, kegiatan favorit adalah makan mie. Nah di Cirebon juga ada mie jaman dulu yang terkenal, namanya Mie Mang Ita. Disini, mie nya tuh mie kuning yang aga gendut, terus dikecapin.  Rasanya lumayan sih, tapi menurut saya agak kemanisan. Yang lebih enak tuh baso nya! Selain itu harganya juga lumayan murah, kalian coba deh kalo ke Cirebon.
Tempatnya tuh di Jalan Garuda Aryakemuning. Mie jadul ini tuh maksudnya mie jaman SD yang suka dijual emang-emang di pinggir sekolahan, rata-rata di tiap sekolah tuh ada. Bedanya Mang Ita ini , punya tempat sendiri yang lumayan gede dan nyaman. Dan lucunya, dia tetep bikin mie nya di gerobaknya.
Mie Baso Sapi Mang Ita Cirebon
Udah kenyang makan, saatnya jalan-jalan ke Waterland Ade Irma Suryani. Penasaran banget itu apa sih? Tempatny lumayan deket di Jalan Yos Sudarso. Sampe disana, parkirnya luasss terus langsung cari pintu masuk. Buat masuk, kita bayar 20ribu seorang, kalau mau berenang disana jadi 30ribu. 

Pas masuk ke dalem, ternyata tempatnya lumayann gedee. Kaget juga ternyata di Cirebon ada tempat begini heheh. Intinya tempat ini tuh tempat berenang buat anak-anak, jadi ada beberapa kolam dan ada perosotannya juga. Bisa juga sih buat dewasa~ Berhubung gabawa baju renang, jadi kita cuma liat-liat aja sambil jalan-jalan. Tempatnya lumayan ga panas, karena banyak pohon.

Waterland Ade Irma Suryani Cirebon

Waterland Ade Irma Suryani Cirebon
Ternyata, selain beberapa kolam renang, ada juga cottage nya. Dan cottage nya juga banyakk, and looks comfy. Kita ga sempet tanya sih harganya berapa, tapi harusnya di Agoda sih ada.

Gitu deh penampakan cottagenya, lucu kaya rumah-rumah kecil gitu. Berhubung kita dateng lagi musim kemarau, jadi dibawahnya cuma lumpur-lumpur. Padahal kalo lagi ujan, jadi kaya rumah diatas air gitu~ Penampakan lumpur-lumpur ada di foto bawah wkwkkw

penginapan Ade Irma Suryani Cirebon

Ga cuma ada cottage doank, ternyata ada restorannya juga disini. Lengkap juga ini tempat~ Dan bentuk restorannya unik! Difoto atas, yang bentuk kapal itu adalah restorannya. Kalo penampakan dari pintu masuknya tuh kaya gini.
Waterland Ade Irma Suryani Cirebon

Nah kita mampir deh ksitu, pengen coba. Begitu masuk, tempatnya okeee~~ Full AC, ada lagunya terus didekor kaya didalem kapal. Udah gitu waiternya juga pake baju tema laut. Dan menu nya juga banyak seafood. Tempat ini recommended deh buat kalian liburan di Cirebon!

Udah puas nongkrong cantik disini, lanjut lagi deh kuliner! Kalo ga makan empal kayanya belom lengkap deh maen disini. Dari bermacam-macam tempat makan empal, akhirnya kita pilih yang paling rame di Empal H.Apud di Jalan Juanda. Pasti nemu deh tempatnya, karena plangnya segede pintu.

Masuk kesana, dan tempatnya rame banget.. Jadi super panas~ Disini jual empal gentong, empal asem dan ada sate kambingnya juga. Karena saya suka asem, makanya pilihnya empal asem deh sama coba satenya. Tapi walaupun rame, nunggunya ga terlalu lama sih.
Empal Asem H.Apud Cirebon
Empal Asem H.Apud
Udah mah udaranya panas, empalnya juga panas, udh gitu ditambah cabe jadi pedes. Jawara~ Tapi rasanya enakk kata saya, walaupun agak kurang asem. Dan si satenya juga lumayann.. Next time, kita mau hunting empal asem di tempat laen lagi deh~

Last place for today! Saatnya makan makanan sunda di kota Cirebon~ Ada resto terkenal namanya Ayam Bahagia 71 di daerah Lemahwungkuk, Panjunan. Tempatnya di pinggir jalan banget dan ada plang segede gablag juga koq, jadi gampang deh carinya.
Ayam Bahagia Cirebon
Dari luar agak biasa banget tempatnya, kaya ga meyakinkan. Udah gitu masuk, langsung pesenn deh coba ayam gorengnya, berserta teman-temannya kaya ati ampela, jantung, usus. Baru duduk bentar udah langsung dateng lagi, penyajiannya cepet. Begitu dicoba.. enakkk rasanyaaa~~~ Ayamnya dan teman-temannya itu digoreng keringg, dan paling enak tuh sate ususnya! Yang lebih enaknya lagi, dikasih bawang goreng sepiring sama sambelnya juga enakk.. Really recommended !

Ayam Bahagia Cirebon

Selesai makan, liat diluar ada tukang es. Wah sesuai pisan, udaranya panas makan es. Ternyata itu tukang es kacang merah. Pas dicoba, ini bukan lebay, tapi enakk jugaa~~~ Selain ada kacang merahnya, ada kolang kaling juga, udah gitu kuahnya pake sirop campolay.
Es kacang merah ayam bahagia cirebon

Puas bangetss hari ini makannyaa! Udah gendut di Cirebon, saatnya pulanggg... Next ke Cirebon, masih banyak hunting-hunting cemilan lainnyaa.. See ya!

Comments

Popular Posts