Explore Jogja-Candi Borobudur, Gereja Ayam, Kalibiru

Hari keempat di Jogja, super excited~ soalnya kita mau liat sunrise di Borobudur! Dari malem sebelumnya, jangan lupa beli tiket dulu ya buat masuk Hotel Manohara. 

Jam 4an udah siap, langsung jalan ke hotel. Surprisingly, tempat wisata ini udah terkenal banget, soalnya jam sgitu juga udah banyak yang antri dari wisatawan lokal sampe bule-bule. Begitu kasih tiket, kita dikasih senter masing-masing dan stiker nomor, masih gelappp banget. Because this is our first time, dan kita belom tau sunrise bakal muncul dimana, jadi harus cari-cari info dan tanya-tanya. Paling gampang sih kita ke paling puncak dulu, liat tempat yang banyak tripod camera, for sure spotnya udah bagus.

Awalnya kita barengan masuk berempat, tapi akhirnya kepisah jadi berdua-berdua soalnya masih mau nanya-nanya spot sunrise paling bagus dimana. Berhubung gelap dan penuh, in the end kita kepisah sampe udah terang banget. Nyarinya setengah mati, untung ada camera masing-masing.

Begitu sunrise, it was amazing... Kata orangnya hari ini agak ketutup kabut, tapi tetep baguss bangettt. Kalian harus coba deh dateng kesini.
Sunrise Borobudur
Sunrise Borobudur
Candi Borobudur

Pas mataharinya udah naek, lighting alami dari matahari bagus banget buat foto-foto. Janga lupa harus cepet-cepet foto mumpung di candi ini lagi sepi, soalny ntar jam 8 udah dibuka untuk umum dan itu cendol banget. Udah terang, orang jadi mencar di candi sampe ke bawah-bawah, ga ngumpul di atas doank, dan ternyata ga sebanyak ituuu, sepii deh asik~
Luckily, disini saya sama Inez, ketemu sama satpam yang baik banget. Dia nunjukin spot-spot foto yang bagus terus sepi. Dann lebih lucunya lagi, dia tanya hp kita iphone bukan? Kalo iya, sama dia dibantuin panoramic, terus diajarin caranya supaya bisa bikin 3 foto di 1 frame. Sama dia ditandain tempatnya, dan kalo dia kasih aba-aba kita suruh lagi ke tempat berikutnya. Udah gitu, yang mau lewat suruh tunggu dulu. Memorable banget!
Sunrise candi borobudur jogja
Panoramic by mas di candi Borobudur

Udah jam 8an dibuka untuk umum, cendol banget langsung candinya. Langsung deh kita turun ke bawah, udah puas sih foto-fotonya juga. Sampe bawah, banyak yang nawarin oleh-oleh khas borobudur, setelah tawar tawaran akhirnya beli juga deh~ 

Balik hotel, kita siap-siap terus langsung jalan lagi ke Gereja Ayam. Gereja ini lagi booming banget karena masuk ke film AADC, tapi pas kita kesana ini  belum sebooming itu soalnya filmnya belum keluar. So ini blog #latepost banget hehehe...

Sampe di tempatnya, kita harus semi hiking dulu buat sampe ke gerejanya dan ada bayar tiket masuk tapi murah sih. Rutenya kita lewatin Puntuk Setumbhu dulu, baru ujungnya di gereja ayam. Puntuk ini juga terkenal katanya sunrisenya bagus kalo kalian mau coba, dari sini kita bisa liat Candi Borobudur dari jauh. Tapi jauhh banget, pake mata keliatan tapi kalo camera biasa ga nangkep.

Agak panas sih, jadi kita ga gitu lama, langsung jalan lagi. Lumayan susah sih jalannya kaya lewatin tanah-tanah dan agak nanjak. Finally sampe deh di gereja ayam. Dulunya dipake gereja dan bentuknya ayam~ Udaranya super panas.
Gereja Ayam Jogja
Gereja Ayam

Buat masuk ke dalem, bayar dulu per orang. Didalem masih dalem proses perbaikan, ada tangga-tangga kayu keatas, bisa naek ke puncaknya, ke mahkota ayamnya. Kalo kalian nonton AADC, ada deh di filmnya mreka shooting dipuncaknya. Tapi berhubung tempatnya sempit banget, harus gantian. Dan gabisa foto sebebas itu, soalnya banyak orang juga di sekitarnya. 

Beres foto bentar, langsung turun terus jalan lagi ke mobil lewat jembatan bambu yang lumayan unik sih. Jalan pulangnya lebih fun, karena mudun jadi ga gitu cape deh~ Kalo kalian males jalan, bisa juga naek ojek disana. 

Lanjut deh nyetir pake maps langsung ke Kalibiru. Perjalanannya lumayan lama, pas sampe di tempat yang ditunjukin, masuk ke perkampungan. Bingung banget, terus tanya-tanya ke warga kalibiru dimana? Dan gada yang tau... Pas buka google maps lagi, ini lucu banget, ternyata salah tempat... Udah perjalanan sejam lebih, ternyata salah donk? Kalibiru ada 2 di mapsnya... Udah lumayan sore juga, tapi akhirnya yaudah nyetir balik lagi ke Kalibiru yang bener.Soalnya setau kita, sore tuh udah ditutup tempatnya.

Sampe disana, sekitar jam 5an, pas-pas an. Mau jalan keatas takut ga keburu, jadi buru-buru sewa ojek biar cepet. Sampe di depan, mau booking buat naek ke rumah pohonnya yang terkenal disana, udah gabisa... Sedih sih tapi yaudah gimana lagi. Katanya udah ngantri panjang dan gakan keburu ntar keburu gelap juga percuma. Jadi kita cuma masuk, foto di sebelah rumah pohon itu. Pas liat antriannya, kita nguping orang laen ngantri disitu sampe berjam-jam. Tapi emang bagus bangett viewnya, ada background danau, next time harus coba sih ini..
Rumah Pohon Kalibiru
Kalibiru
Lagi jalan-jalan disana, tiba-tiba ujan. Jadi kita langsung deh lari-lari ke mobil lagi. Beres deh hari ketiga, nyetir ke hotel. Istirahatt timee, masih ada besok hari terakhir buat explore Jogja~

Comments

Popular Posts