Explore Jogja-Pantai Timang, Goa Jomblang, Kalisuci

Day 2 ini krasa banget, kaya baru tidur 5 menit udah dibangunin lagi. Soalnya jam 4 kita harus udah jalan ke Pantai Timang. Jam 4 subuh sodara-sodara, dan cewe siap-siapnya lama, jadi kita wanita bangun dari jam 3. Berangkat jam sgitu soalnya perjalanannya jauh dan gabisa terlalu siang takut penuh, soalnya disana kalo mau naek gondola dibates.

Jam 4 subuh jalan deh, thanks to cowo-cowo yang nyetir, kita jadi bisa bobo lagi. Perjalanannya lumayan jauh, sekitar 2 setengah jam. Dan ini semua pertama kali buat kita, tinggal pake Waze atau Google Maps aja bisa koq. Sampe disana, kita gabisa langsung parkir di deket sana, katanya mobil gabisa lewat jadi harus naik ojek. Dan ternyata, itu naek ojek paling berkesan buat saya. Udah mah jalannya berbatu semua, bener-bener batu masih ga berbentuk disusun-susun. Kebayang kan kita kegojlok-gojlok (sorry gatau bahasa indonya wkwkwk), amburadul deh pokonya, udah gitu jalannya turun terus! Jadi kita nahan badan supaya ga nyerosot ke abang gojeknya, sambil nahan badan kegoyang-goyang juga. Heboh!

Tapi semua itu, worth it~ Pemandangan disana bagusss, air lautnya masih biruu banget, dan kita bisa naek gondola buat nyebrang ke pulau di tengah. Sebenernya gondola itu dipake buat mancing, tapi bisa disewa sama turis. Sampe disana, orang yang jalanin gondolanya belum dateng. So kita photo session dulu deh, banyak spot bagusnya.
Pantai Timang Jogja
Pantai Timang
Udah puas foto-foto, pas deh bapa-bapanya pada dateng. Saatnya naek gondola~ Kita kira gondolanya pake mesin atau gimana gitu, dan ternyata itu ditarik manual. Yang narik sekitar 6 orang, awalnya ragu takut ga kuat, tapi katanya udah biasa. Here we go~ Nyebrang nya satu-satu awalnya. Tegang banget tapi seru! Aer lautnya untung lagi rada tenang, jadi ga gitu horor.
Gondola Pantai Timang

Pas sampe sebrang, kita gantian foto-fotoin yang lagi nyebrang. Di tengah pulau itu, gada apa-apa cuma spot foto aja dan liat laut dari deket. Bagusss tapi panasnya ya ampun.
Pantai Timang Jogja
View dari pulau sebrang

Udah puas foto-foto disana, kita nyebrang balik deh. Nah pas balik katanya yang cewe boleh berdua satu gondola. Pas di tengah-tengah lagi nyebrang, kita diberentiin sama bapanya katanya buat di foto~ Dan hasilnya baguss, puas deh kita disana! Kalo yang cowo katanya takut ga kuat, jadi masing-masing deh.
Gondola Pantai Timang Jogja
Gondola Pantai Timang
Balik lagi ke seberang, kita istirahat dulu sebentar di warungnya, jajan ada indomie kopi dll. Langsung lanjut lagi naek ojeg heboh yang sekarang jalannya nanjak, lebih horor lagi... Sampe di mobil, jalan lagi deh~

Next destination, Goa Jomblang. Di tempat wisata ini, kita wajib book ya dulu sebelumnya karena harus siapin orang dan alat-alatnya dulu. Perjalanan dari Pantai Timang lumayan deket, karena satu daerah, jadi cuma sekitar setengah jam udah sampe lagi deh. Disini, kita ganti baju dulu karena didalem udah semacam adventure dan basah-basahan. Udah gitu kita dipinjemin boot juga yang tinggi.

Sooo Goa Jomblang inin adalah goa yang dulunya dipake untuk pembunuhan massal PKI. Kedalamannya 80 meter dari tanah, dan cara turunnya yaitu pake tali diturunin secara vertikal ke hutan di bawah! Disini kita sempet shock juga, karena yang nurunin naekin tali sepanjang 80m kebawah itu adalah orang manual, gapake mesin, cuma pake tali dililit ke pohon. Tapi ini semua aman koq, kita dikasih perlengkapan keamanan juga, cuma agak horor aja pertama kalinya. Mungkin sekitar 10 orang bapa-bapa narik tali, yang ujungnya dikaitin wisatawan yang mau masuk ke dalam goa.
Goa Jomblang Jogja
Turun ke Goa Jomblang
Sampe dibawah, kirain langsung ketemu sama goanya. Ternyata perjalanan masih panjang sodara-sodara, kita lewatin hutan dulu sedikit, dan turun masuk ke dalem goa yang super licin. Ditambah kita ga biasa pake boot, jadi jalannya pelan banget dan satu-satu lewatnya. Udah sampe di dalem goa, baru kita liat kebelakang dan bagus banget.
Goa Jomblang

Masuk deh kita kedalem goa, dingin terus gelappp gada cahaya matahari yang masuk. Yang terang tuh cuma di mulut goanya doank. Udah gitu lumayan jauh ke dalemnya, jalannya agak licin karena tanah smua. Dan karena masih alam banget, jalannya bukan yang rata, tapi ada naek turun naek turun. Makanya ini disebut semacam adventure~

Sampe di goa paling dalemnya, its amazing... Ada satu spot, kalo jam nya pas, ada cahaya matahari masuk dan bagus banget jatohnya. Dan di sekitarnya, banyak air ngalir, kita kira air darimana? Ternyata itu air rembesan pohon dari hutan yang diatas tadi, jadi ini air bersih semua. Di dalem kita nunggu cahaya matahari dateng, langsung buru-buru foto gantian. Dan kita naik ke batu ini harus buka sepatu, soalnya batu ini terbentuk secara alami. Sayang banget kalo kita injek pake sepatu, jadi kotor dan takut rusak.
Goa Jomblang Jogja
Nature Spotlight
Kata pemandunya, ini tuh untung-untungan. Cahaya di dalem cuma dari matahari, kalo lagi sue ketutup awan terus jadi gabisa foto deh.. Sambil nunggu yang lain foto, pemandunya bilang kita boleh mandi disini karena aernya bersih, jadi maen aer deh. Seger banget aernya~

Udah agak siangan, diajak balik lagi sama pemandunya, kalo kesorean bakal gelap banget soalnya mataharinya udah gada. Jalan balik lagi ke tempat awal, dan dikerek lagi pake tali buat sampe di atas. Masih belom beress hari ini, ada tempat terakhir yang mau didatengin!

Satu daerah juga sama Goa Jomblang, langsung nyetir lagi sekitar setengah jam ke Kalisuci. Di Kalisuci, kita mau main aer lagiii, cave tubing! Jangan lupa booking dulu yaa.. Begitu sampe langsung deh kita maen pake ban~ Kayanya kalo ini gausah diceritain deh ya, mending kalian maen aja kesini, dijamin seru! Tapi ati-ati sama pantat soalnya suka kejedug batu..Dengerin kata pemandunya aja yaa supaya aman~
Kalisuci Jogja
Kalisuci

Kalisuci cave tubing Jogja
Cave tubing

Maen di Kalisuci ini lumayan lama, sekitar 2 jam. Beres maen, jalan lagi deh ke hotel buat istirahat. Its been a long day~~~~ but superfun! Hari ketiga masih banyak tempat yang mau kita datengin nih.