Kuliner Cirebon-1

Buat kalian yang mau ngabisin waktu liburan yang pendek dan bosen di Bandung, Cirebon adalah pilihan tepat! Buat kalian yang doyan makan, Cirebon juga tepat banget! Oke promosi berlebihan~

Pilihan transport ke Cirebon tuh banyak, bisa pake :
1. Mobil pribadi (gausah dijelasin lagi~)

2. Kereta 
Sekarang udah gampang deh beli tiket kereta, bisa lewat website atau dateng langsung.  Pengalaman saya sih, beli di tokopedia. Saya pilihnya yang eksekutif (Ciremai) berangkat jam  6 pagi, dan sampe sekitar jam stengah sebelasan. Harganya tuh Rp 120.000an. Udah pesen, dapet konfirmasi langsung bayar di Alfamart deh. Hari H langsung ke stasiun, print sendiri tiketnya, dan langsung masuk kereta~ Jangan lupa berjaket, dingin banget..

3.  Travel
Kalo jamnya mau lebih flexible sih, pake travel. Soalnya kalo kereta jamnya terbatas banget. Pilihan travel yang pernah saya coba ada 2. Pool to pool saya pake Bhinneka http://www.naikbhinneka.co.id lewat tol sekitar 3 jam lebih dan nyaman mobilnya. Kalau mau door to door bisa pake Andis travel, http://andis-travel.com/ cuma memang lebih lama karena jemput sana sini, anter sana sini, dan dia ga lewat tol

Sooo tinggal dipilih dipilih and lets go~

Udara di cirebon yang super panas (buat orang Bandung) dan banyaknya makan di pinggir jalan, cukup pake kaos, celana pendek dan sendal jepit buat saya~
Sampe disini, kita langsung makan ke Nasi Lengko H.M Sadi di gang Alas Demang, sebelah Jl. Pagongan. Tempatnya pake tenda, kalian parkir trus tanya tukang parkirnya ntar langsung ditunjukin deh. Kalian pasti tau lengko kan, yang pake tahu, tempe, toge sama bumbu kacang~ Lengkonya enakk, trus krupuknya bantet-bantet. Dikasih cabe nya sepiring, enakk tapi pedes nyahh.. Ada jualan sate kambing juga, tapi buat saya kurang enak sih karena rada bau. But lengkonya must try!

Nasi Lengko Sadi Cirebon
Nasi Lengko Sadi
Makan, kepanasan, dan langsung pindah lagi ke tempat makan lainnya.
Berhubung abis makan nasi, jadi kita cari cemilan dulu. Jalan deh ke daerah Pecinan, disana banyak jajanan di pinggir jalannya. Karena saya suka gorengan, jadi kita pilih Tahu Tegal !  Jadi tahunya bentuknya panjang-panjang, dilapisin aci terus digoreng kering bangett. Super enakk~~~ Mungkin kalo di Bandung kaya tahu pletok, tapi beda sih ini smuanya dilapis tepung. Kriuk pisan..

Tahu Tegal Pecinan Cirebon
Tahu Tegal Pecinan

Kita cuma pesen trus makan di mobil. Sekarang hunting cemilan lagi dehh ke Bonschery. Tempatnya tuh di daerah Kejaksan, kalo mau cari tinggal google aja udah eksiss itu tempatnya. Sampe sana wow tempatny oke juga, kaya Prima Rasa di Bandung~ Dan liat-liat jadi pengen beli semuaa, yang enak disana tuh ada lapis legit sama segitiga crackernya. But segitiga itu laku, jadi belinya harus rada pagi kalo ga udah abis dehhh..

Bonschery Cirebon

Udah selesai belanjaa kue basah, ada kripik-kripik juga, ada permen jugaa, jalan lagiii. Kenyang sih sebenernya, tapi waktunya harus dipakai sebaik-baiknya buat hunting makanan lagi! Lanjuts deh cari yang seger-seger. Katanya Rujak di Jalan Pertatean enakk, udah kebayang mau makan buah asem dingin lagi panas-panas.
Rujak Jalan Pertatean Cirebon
Ibu Rujak Pertatean

Tempat rujaknya di pinggir jalan, dagangnya di trotoar dan cuma ketutup tenda kecil gitu. Pas masuk cuma ada ibu lagi rajin ngulek, sama korsi kira-kira buat 2-4 orang. Bgitu liat dia buka tutupannya, saya kaget. Koq isinya sayur smua? Dan.. ternyata sodara-sodara.. rujak di cirebon tuh ada rujak sayur ada rujak buah. Dan kalo kata saya, rujak sayurnya tuh kaya lotek.. Isinya ada kangkung, bonteng dll dikasih bumbu kacang. Cuma bedanya, ini ada mie juga sama tahu. Sooo.. saya coba dua-duanya. Rujak buahnya tuh bukan rujak yang berkuah, ini bumbunya kaya buat dicocol, terus ada bumbu petisnya. Berhubung panasnya ga ketulungan, jadi dibungkus deh.

Dannn nunggu si ibu ini lumayan lama, karena dibikinnya satu porsi satu porsi, diulekin satu-satu. But worth a try~ Udah selesai nunggu, jalan pulang, bongkar makanan dan nyobain. Rasanya enakk juga tuh unikk, karena di bandung ga ada yang rujak sayur. Kalo rujak buahnya, enak jugaa karena buahnya fresh terus ada kedondong sama mangga asem-asem, seger deh. Jadi ini rujak lumayan bisa buat makan siang.
Rujak Jalan Pertatean Cirebon
Rujak sayur vs Rujak buah
Udah kenyang, istirahat dulu sebentar terus siap-siap buat lanjut lagii makan malem. Kalo ke Cirebon, ga nyoba jamblang kayanya kurang afdol~ So kita berangkat makan jamblang buat dinner. Disini jamblang terkenal banget, sampe banyak banget yang buka. Buat sekarang, coba dulu Jamblang Ibad Otoy di Jalan Cipto. Tempatnya disini lumayan enak karena parkirannya luas. Tapi uniknya ini tempat hari Minggu tutup.
Jamblang Ibad Otoy Cirebon
Buat kalian yang belom tau nasi jamblang, jadi nasinya dimakan diatas daun jamblang. Udah sih sesimple itu doank hehehe.. Sampe disana, langsung ambil piring berdaun jamblang, terus langsung bisa ambil masing-masing sepuasnya. Pilihannya banyak banget. Beres pilih, bayar di kasir, terus makan dehh. Buat saya sih yang paling enak perkedel yang bentuknya bulet kaya bola ubi~

Terakhir buat hari ini! Seudah dinner, enaknya dessert~ Nah di Cirebon ada dessert super murah, cuma 4ribu saja satu mangkok yaitu Bubur Kacang Moh.Toha. Disini selain jual bubur kacang ijo, ketan item, ada juga bubur ayam dan indomie. Bisa makan situ, bisa makan di mobil juga kalo males turun. Begitu coba rasanyaa enakk, anget-anget terus kacangnya lembut. Udah gitu super murah. Bubur ayamnya jugaa lumayan enak buat harga segitu~
Bubur kacang moh toha cirebon
Dessert perkacangan

Oke udah cukup makannya hari ini.. Lanjut lagi besok guysss!

Comments

Popular Posts